Menanti Inovasi Anak Muda Desa

Anak Muda Agen Perubahan : Mengembangkan Berbagai potensi desa tentu membutuhkan sinergi, dukungan dan inovasi untuk bisa mengoptimalkan kekayaan alam, sumber daya manusia, serta budaya desa yang ada. Salah satu dukungan yang diharapkan datang dari generasi muda lokal diharapkan bisa berperan meningkatkan produktivitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.

Dana Desa mungkin saja telah dimanfaatkan untuk pembangunan desa, perlu diketahui pengelolaan Dana Desa memiliki beberapa aspek, salah satunya adalah partisipasi, dengan mengandalkan sumber daya manusia yang ada di desa sebagai subyek pelaksana pembangunan.

Aspek lainya yang harus diperhatikan adalah pengenalan potensi desa. Desa memiliki berbagai karakteristik sesuai dengan kondisi geografis, lokasi, serta potensi alam, budaya, dan wisata yang dimilikinya. Dengan mengenali karakteristik desa, sinergi dukungan diharapkan dapat lebih maksimal. Pasalnya, masing-masing profil desa dengan keunikannya tersebut mengharapkan berbagai tindakan perubahan yang berbeda satu sama lain.

Dengan mempertimbangkan potensi desa, aktivitas perubahan yang paling diharapkan masyarakat adalah pelestarian, peningkatan sumber daya manusia, dan adanya keterbukaan. Selanjutnya, berbagai upaya yang telah dimulai oleh Generasi muda di desa tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan supaya potensi desa dapat terus dioptimalkan. Di sisi lain, semangat inovasi yang telah dihadirkan para anak muda dari desa dapat ditularkan terhadap pemuda-pemuda di desa tersebut, bahkan di desa lainnya.

Aspek lainya adalah pelestarian. Pelestarian terkait dengan berbagai upaya untuk memelihara, menjaga, mengupayakan lingkungan alam, buatan, dan sosial tetap lestari.

Aspek SDM Pengembangan sumber daya manusia juga dibutuhkan di desa. Pengembangan selain pendidikan formal, bisa berupa pelatihan kepada masyarakat desa

Kehadiran Anak Muda menjadi kebutuhan tak terhindarkan untuk dapat menggerakkan semangat dan kesadaran warga melakukan upaya-upaya untuk memenuhi keterbatasan yang dimiliki desanya.

Selanjutnya adalah keterbukaan. Anak muda penggerak perubahan di desa diharapkan bisa mengubah sikap warga desa untuk lebih terbuka menerima berbagai masukan dari warga desa lainnya baik dari generasi tua ataupun muda.

Keterbukaan pola pikir terhadap perubahan dunia luar juga dapat ditularkan oleh anak anak muda terhadap warga di desanya. Warga desa menjadi tercerahkan, tidak menutup mata, dan ikut memikirkan solusi dari permasalahan yang terjadi di desanya, karena Kemajuan Desa Tergantung Warganya.

 302 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *